Hubungan obesitas dan hipertensi patofisiologi pdf

Angiotensin II inilah yang memiliki peranan kunci dalam menaikkan tekanan darah melalui dua aksi utama. Pada individu yang obes, lebih banyak kalori dikonsumsi daripada yang dikeluarkan. Sindrom Dismetabolik Dikenal juga dengan sindrom metabolik atau sindrom resistensi insulin atau sindrom X yang merupakan kumpulan faktor-faktor risiko metabolik untuk terjadinya Penyakit Jantung Koroner.

Hal tersebut memaksa jantung memompa darah lebih kuat lagi dan lambat laun tekanan darah pun akan meningkat. Curr Med Chemist ; Palmer, A. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

Williams, seorang ahli penyakit dalam sebagaimana dikutip oleh Sofia Dewi dan Digi Familia mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut: Pada pemeriksaan fisik, mungkin tidak dijumpai kelainan apapun selain tekanan darah tinggi, tetapi dapat pula ditemukan perubahan pada retina, seperti perdarahan, eksudat kumpulan cairanpenyempitan pembuluh darah, dan pada kasus berat, edema pupil edema pada diskusoptikus.

Menurut Rukiyah A dan Yulianti. Sebelum menopause wanita relative terlindungi dari penyakit kardiovaskuler karena adanya hormon esterogen. Faktor-faktor metabolisme yang menentukan pengeluaran energi meliputi kerja kardio-respirasi, keseimbangan gradien ion dan berbagai aktifitas enzimatik didalam tubuh.

Studi genome wide scans terhadap berbagai populasi yang berbeda telah mengidentifikasi berbagai lokus yang berhubungan dengan obesitas terletak pada kromosom 2,5,10,11 dan Disamping itu stasis vena meningkat pada individu obes.

Pada penelitian ini didapatkan tidak ada hubungan antara obesitas dengan kejadian preeklamsi. Aktifitas mereka juga cukup mendukung untuk kesehatan karena lebih aktif menggerakkan anggota tubuh, pagi hari mereka sudah pergi berjalan kaki atau bersepeda dari rumah ke sawah untuk bertani atau mencari ikan.

Faktor-faktor tersebut meliputi: Tar merupakan zat yang dapat meningkatkan kekentalan darah. Patogenesis yang mendasari sindrom dismetabolik sampai saat ini belum jelas, namun terdapat hipotesis yang kuat bahwa resistensi insulin merupakan dasar patogenik yang umum.

Prevalensi obesitas Prevalensi obesitas diseluruh dunia meningkat tajam dalam beberapa dekade terakhir. Sabri, L. Akhir-akhir ini telah pula ditemukan sejenis virus yang menyertai terjadinya obesitas. Data Primer rupakan ancaman yang serius dan berbagai penyulit dapat terjadi akibat obesitas, yaitu hipertensi, Diabetes Melitus dan jantung.

Orexin dan mediator lain yang diproduksi hipothalamus bekerja dalam mekanisme umpan balik sentral yang mengatur perilaku makan. Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair, Surabaya. Pengendalian dan Pengobatan Obesitas. Hormon ini bekerja pada reseptor CCK-A didalam saluran cerna untuk menurunkan asupan makan.

Ini berkaitan dengan masa premenopause yang dialami wanita yang mengakibatkan tekanan darah cenderung naik. Pada subjek normal kadar leptin didalam sirkulasiproporsional dengan simpanan lemak dan Indeks Massa Tubuh.

57 HUBUNGAN OBESITAS DAN RIWAYAT HIPERTENSI DENGAN

Terdapat sejumlah besar gen pada manusia yang diyakini mempengaruhi berat badan dan adipositas. Diabetes Melitus tipe 2 Peningkatan yang tajam dari prevalensi obesitas memainkan peran penting dalam terjadinya peningkatan prevalensi diabetes selama 20 tahun terakhir di Amerika Serikat.

Sindrom dismetabolik biasanya terjadi pada individu dengan obesitas yang nyata, namun beberapa penelitian juga mendapatkan bahwa sindrom ini dapat terjadi pada individu dengan BB yang normal namun memiliki jumlah lemak abdominal yang berlebihan. Abnormalitas lipid ini terutama jelas terlihat pada individu dengan obesitas abdominal.

Kegagalan sel-sel lemak mengirimkan sinyal yang adekuat atau kegagalan otak merespons sinyal yang sesuai dapat menyebabkan obesitas. Proses dalam pengaturan penyimpanan energi ini terjadi melalui sinyal-sinyal eferen yang berpusat di hipotalamus setelah mendapatkan sinyal aferen dari perifer jaringanadipose, usus dan jaringan otot.

Hal ini terjadi karena otot2 dibelakang lidah mengalami relaksasi pada saat tidur.

Jurnal Doc : jurnal hubungan hipertensi dengan obesitas

Selanjutnya oleh hormon, rennin diproduksi oleh ginjal akan di ubah menjadi angiotensin I.Download HUBUNGAN OBESITAS DAN RIWAYAT HIPERTENSI DENGAN KEJADIAN. PREEKLAMSI DI PUSKESMAS RAWAT INAP DANAU PANGGANG. Determine the Relationship of Obesity and History of Hypertension with the Incidence of Preeclampsia in Inpatient Health Cente.

Patofisiologi dan Diagnosis Obesitas Alwi Shahab Bagian Penyakit Dalam FK Unsri/RSMH Palembang I. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

PATOFISIOLOGI OBESITAS Secara umum obesitas dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori, yangdiakibatkan asupan energy yang jauh melebihi kebutuhan tubuh. pdf jurnal hubungan obesitas dengan harga diri jurnal kecemasan belajar pada pendidikan awal jurnal pengalaman perubahan peran pada penderita hipertensi jurnal psipatologi kecemasan kebersihan diri lansia di panti jompo pdf.

Berikut ini adalah Download Jurnal Gratis yang merupakan kumpulan file dari berbagi sumber tentang jurnal hubungan hipertensi dengan obesitas yang bisa bapak/ibu gunakan dan diunduh secara gratis dengan menekan tombol download biru dibawah ini.

· 1. Obesitas Obesitas adalah ketidakseimbangan antara konsumsi kalori dengan kebutuhan energi yang disimpan dalam bentuk lemak (jaringan subkutan tirai usus, organ vital jantung, paru-paru, dan hati).

Hubungan obesitas dan hipertensi patofisiologi pdf
Rated 4/5 based on 87 review